Selasa, 02 Oktober 2012

Sulitnya Mencari Kerja di Ibu Kota

Agak malu sih sebenernya nulis judul ini, terlebih udah berapa bulan ini gue absen nulis blog (hehe...) yah gak apa lah, namanya juga pemula.

Anyway... Setelah urusan kuliah selesai pertengahan bulan Juni kemarin, gue bisa sedikit relax. Sekarang dibelakang nama gue udah bisa disisipin titel S.Ip (Sarjana Ilmu Politik) --haha manteb yeh! Tapi jangan tanya apakah setelah ini gue akan bergelut di dunia politik negeri ini, gue sendiri sebagai (mantan) mahasiswa FISIP ngeri melihat kenyataan dunia perpolitikan republik ini. Mending bekerja di Perusahaan swasta atau BUMN yang kompeten di bidangnya saja.

Semenjak dinyatakan LULUS Skripsi dan yudisium diterima oleh sekretariat FISIP kampus, gue mulai cari-cari info lowongan kerja di internet. Banyak sih, tapi ada beberapa juga yang udah closed. Males kirim via pos karna lama nyampe nya, akhirnya gue kirim via email, bikin  akun atau lamaran langsung di website Perusahaan itu dan bikin akun di job seeker yang marak saat ini. Lamaran sudah ditebar gak kerasa usah akhir Juli dan belum ada satu pun email balasan yang gue terima. Walau begitu gue tetap sabar dan semangat.

Agustus, udah masuk pertengahan bulan Ramadhan. Bokap sama nyokap di kampung minta gue mudik untuk rayain idul fitri disana. Gue sendiri beberapa hari sebelum Ramadhan udah booking tiket pesawat untuk pulkam (baca: pulang kampung) --maklum orang rantauan luar pulau jawa, jadi mudik naik pesawat, haha! Singkat cerita puasa dikampung halaman yang asik banget itu sebentar lagi akan usai dan hari yang fitri itu akan segera datang. Beberapa hari sebelum lebaran, gue iseng ke warnet cek email, eh ada email masuk dari Team Recruitment Garuda Indonesia, --Wah seneng banget gue! Email itu isinya undangan untuk mengikuti Psikotest dan Tes Bahasa Inggris di Gd. Manajemen Garuda Indonesia areal perkantoran Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Gue kasih tau kabar ini ke ortu dan saat itu juga gue booking tiket balik ke Jakarta. Sampe di Ibukota, tanggal 27 Agustus hari senin gue ikut psikotest di GI. Mereka bilang pengumuman test ini akan diberitahu via email maskimal 2 minggu setelah tes.

Dua minggu berlalu, gak ada email masuk dari GI, akhirnya gue putuskan untuk ikut Jobfair yang diadain di Senayan. Tebar lamaran lagi dan menunggu. Akhirnya dari 8 lamaran yang gue tebar ada 2 panggilan, satu panggilan psikotest dari BCA, satu lagi dari PT Sky Vision (siaran indovision). Karna Skyvision ini jauh banget di daerah Kedoya, Jakbar, akhirnya gue penuhi undangan psikotest BCA. Nasib kurang mujur mungkin atau memang bukan rezeki dan jalan gue untuk berkarir di Bank ternama ini. Seminggu kemudian ada jobfair lagi gue ikut lagi. Kali ini di Gd. Smesco. Jobfair kali ini perusahaan yang ikut lebih bonafit menurut gue dari jobfair sebelumnya. Gue apply beberapa lamaran seperti PT HM Sampoerna Tbk, Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Trac Rent A Car (Astra group), Trans 7, PT Persada (CS Indosat) dan sebagainya. Undangan untuk ikut psikotes pun kembali berdatangan tapi hanya dua perusahaan yaitu dari PT HM Sampoerna dan PT Persada (CS Indosat). Tanggal 8 September 2012 hari sabtu gue ikut psikotes untuk SPV Area Marketing Sampoerna. Seperti biasa 2 minggu setelah test hasil akan di umumkan via telepon. Dua minggu berlalu masih gak ada kabar lagi dari Sampoerna. Apa boleh buat, pasrah aja dan terus bersabar dan tetap semangat.

Gak seperti Sampoerna, proses gue di Persada lumayan bisa memberi harapan. Hari Senin tanggal 9 September 2012 interview lanjut psikotes tanggal 12 nya kemudian gue dan temen gue yang ngelamar bareng dipanggil lagi hari senin tanggal 17 untuk interview user terakhir. Entah karena kurang beruntung atau memang ini lagi lagi bukan jalan gue, 3 hari kemudian temen gue ini dipanggil untuk tanda tangan kontrak di Persada dan akan ditempatkan di Galeri Indosat di Sarinah, sementara gue belom juga dipanggil sampe hari ini. Sedih dan kecewa pastinya, tapi ya lagi lagi gue gak bisa berbuat apa-apa kecuali berdoa dan minta diberi kesabaran dan kemudahan oleh Allah swt. Temen gue yang diterima untuk jadi CS di Indosat ini bilang katanya baru beberapa orang aja yang dipanggil, nanti akan ada panggilan lagi untuk di galeri lain. Yah, mudah-mudahan benar yang dia bilang dan gue bisa dipanggil. Bokap yang liat muka gue agak sedih dan loyo beberapa hari ini nasehatin gue, katanya: 

"Bersabar dan terus berdoa saja kepada Allah swt. minta diberikan kemudahan. Dan ingat, rizki setiap orang itu tidak akan tertukar dengan yang lain. Allah sudah mengatur dan membaginya dengan adil."

Kata-kata beliau akhirnya yang bikin gue bangkit lagi dan tetap berpikir positif apapun kondisinya. Beberapa menit setelah bokap ngomong begitu, tiba tiba ada telepon masuk yang bikin gue makin optimis dan senyum di wajah gue semakin lebar. Telepon itu dari PT HM Sampoerna Tbk yang beritahu bahwa gue lolos psikotest dan di undang untuk interview user hari Jum'at tanggal 5 Oktober 2012 ini pukul 08:30. Tempatnya rahasia ya, hehe. Yah semoga Allah swt memberikan kemudahan kepada hamba-Nya yang sedang membutuhkan pekerjaan ini dan memberikan jalan terbaik yang harus gue tempuh. Amin ya rabbal alamin.

Cerita selanjutnya, ditunggu aja ya haha..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar