Kamis, 04 Oktober 2012

Selamat Hari Batik Nasional



2 Oktober 2009 menjadi tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada saat itu Badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya yakni UNESCO menetapkan Batik sebagai salah satu Warisan Kemanusiaan Dunia untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi asli Indonesia. Beberapa tahun lalu Batik sempat diakui sebagai warisan budaya oleh Malaysia, namun oleh UNESCO Batik diakui sebagai warisan budaya milik Indonesia. UNESCO menilai batik sebagai ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia. Batik bukan hanya dianggap budaya yang berasal dari Indonesia, tetapi juga diakui sebagai satu representasi dari budaya tak benda dari kemanusiaan.

Seorang Gadis Sedang Meniup Malam


Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yang merupakan gabungan dari kata “amba” yang berarti menulis dan “titik” yang berarti titik. Batik mempunyai dua arti, yang pertama adalah teknik menulis atau menggambar dengan malam (alat tulis batik). Malam adalah semacam lilin yang digunakan  untuk menutupi pola sehingga saat proses pewarnaan kain pola yang tertutup malam atau lilin tidak ikut terwarnai. Pengertian yang kedua dapat berarti motif atau gambar yang dihasilkan dari proses tadi. Sebagai kain tradisional, Batik kaya akan nilai budaya sebagai kerajinan tradisional yang diwarisi secara turun temurun.

Batik Indonesia juga terdiri dari ragam pola dan jenis sesuai karakteristik daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Batik Sumatera (Aceh, Bengkulu, Jambi, Palembang). Batik Jawa Barat (Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Indramayu,Cirebon, Majalengka, Betawi dan Banten). Batik Jawa Tengah (Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta). Batik Jawa Timur (Tuban, Lumajang, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Madura, dan Bali). Batik Sulawesi (Toraja dan Gorontalo), serta Batik Papua.

Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita patut berbangga dan menjaga kelestarian budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Agar batik tetap menjadi milik Indonesia dan menjadi kebanggaan dunia. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar